Jumat, 20 Juni 2014

Makalah Promkes ( Kunyit )



BAB 1
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Kunyit (Curcuma domestica Val) termasuk salah satu tanaman rempah dan obat, habitat asli tanaman ini meliputi wilayahAsia khususnya Asia Tenggara. Tanaman ini kemudian mengalami persebaran ke daerahIndo-Malaysia,Indonesia,Australia bahkan Afrika. Hampir setiap orang Indonesia dan India serta bangsa Asia umumnya pernah mengkonsumsi tanaman rempah ini, baik sebagai pelengkap bumbu masakan, jamu atau untuk menjaga kesehatan dan kecantikan.
Kunyit tumbuh dengan baik di tanah yang tata pengairannya baik, curah hujan 2.000 mm sampai 4.000 mm tiap tahun dan di tempat yang sedikit terlindung. Tapi untuk menghasilkan rimpang yang lebih besar diperlukan tempat yang lebih terbuka. Rimpang kunyit berwarna kuning sampai kuning jingga.
Beberapa kandungan kimia dari rimpang kunyit yang telah diketahui yaitu minyak atsiri sebanyak 6% yang terdiri dari golongan : senyawa monoterpen dansesquiterpen (meliputi zingiberenalfa dan beta-turmerone), zat warna kuning yang disebut kurkuminoid sebanyak 5% (meliputi kurkumin 50-60%,monodesmetoksikurkumin dan bidesmetoksikurkumin), protein, fosfor, kalium, besi dan vitamin C.
Dari ketiga senyawa  kurkuminoid  tersebut, kurkumin merupakan komponen terbesar. Sering kadar total  kurkuminoid  dihitung sebagai % kurkumin, karena kandungan kurkumin paling besar dibanding komponen kurkuminoid lainnya. Karena alasan tersebut beberapa penelitian baik fitokimia maupun farmakologi lebih ditekankan pada kurkumin.
B.     Rumusan Masalah

1)      Apa pengertian dari kunyit?
2)      Apa saja manfaat kunyit bagi kesehatan?
3)      Apa saja manfaat kunyit bagi kecantikan?
4)      Bagaimana cara mengkreatifitaskan pengolahan tanaman kunyit?
5)      Apa resiko dan efek samping kunyit?

C.    Tujuan Masalah
1)      Menjelaskan pengertian kunyit.
2)      Menjelaskan apa saja manfaat kunyit bagi kesehatan.
3)      Menjelaskan apa saja manfaat kunyit bagi kecantikan.
4)      Menjelaskan bagaimana cara mengkreatifitaskan pengolahan tanaman kunyit.
5)      Menjelaskan resiko dan efek samping kunyit.

D.    Manfaat
Adapun manfaat dalam pembuatan makalah kunyit ini ialah untuk mempermudah mencari informasi mengenai kunyit dan untuk membantu kita dalam pemperoleh obat-obat tradisional yang sangat mudah di temui di sekitar kita.










BAB 2
PEMBAHASAN
1.      Pengertian Kunyit

a.       Kunirkunyittemulawak ( Curcuma domestica Val.) termasuk salah satu tanaman rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Tanaman ini kemudian mengalami persebaran ke daerahIndo-Malaysia,Indonesia,Australia bahkan Afrika
  1. Kunyit (Curcuma domestica Val) termasuk salah satu tanaman rempah dan obat, habitat asli tanaman ini meliputi wilayahAsia khususnya Asia Tenggara
  2. Kunyit (Curcuma domestika) adalah tanaman asli Asia Tenggara, mempunyai rasa yang pahit, agak pedas, baunya khas aromatik, rimpang berwarna kuning kejingga-jinggaan. Batangnya berwarna hijau atau agak keunguan, berdaun 4 sampai 8 helai, bunganya berwarna cokelat dan ditengahnya berwarna kemerah-merahan dan kuning. Kunyit cocok ditanam di dataran rendah hingga ketinggian 1000 m dari atas permukaan laut.
  3. Kunyit (Curcuma domestic) termasuk salah satu tanaman rempah dan obat, habitat asli tanaman ini meliputi wilayahAsiakhususnya Asia Tenggara. Tanaman ini kemudian mengalami persebaran ke daerahIndo-Malaysia,Indonesia,Australiabahkan Afrika.
  4. Kunyit merupakan tanaman obat berupa semak yang bersifat tahunan (perinal) yang tersebar di seluruh daerah tropis . Tanaman kunyit tumbuh subur dan liar di sekitar hutan / bekas kebun . Di perkirakan berasal dari binar pada ketinggian 1300 – 1600 m dpl , ada juga yang megatakan bahwa kunyit berasal dariindia. Kata Curcuma berasal dari bahasa Arab Kuekum dan yunani Karkom . Pada tahun 77 – 78 sm , Dioscorides menyabut tanaman ini sebagai Cyperus menyerupai jahe , tetapi pahit , kelat dan sedikit pedas , tetapi tidak beracun . Tanaman ini banyak dibudidayakan di Asia Selatan khususnya diIndia,ChinaSelatan,Taiwan,Indonesia( Jawa ) dan Filipina .

2.      Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh:
  • Dengan Mengkonsumsi tumbuhan obat yang satu ini (kunyit) secara teratur, anda akan mendapatkan manfaat untuk menghindarkan diri dari adanya resiko penyakit tumor dan kanker.
  • Kunyit bermanfaat baik untuk meremajakan sel-sel yang ada dalam tubuh sehingga tubuh akan lebih sehat dan bugar, selain itu kunyit juga bermanfaat sebagai antioksidan alami tubuh.
  • Adanya kandungan antioksidan yang terdapat pada tumbuhan kunyit membuat tumbuhan ini bermanfaat untuk menetralisir atau menghilangkan racun dan menetralisir zat-zat kimia berbahaya lainya yang sudah masuk ditubuh manusia.
  • Mengkonsumsi jamu yang terbuat dari kunyit dapat Memperkecil terjadinya resiko atau serangan leukemia
  • Dengan mengkonsumsi kunyit maka anda juga bisa menurunkan berat badan anda sehingga membuat kunyit cocok untuk anda gunakan sebagai salah satu tumbuhan yang cocok untuk diet sehat.
  • Kunyit dapat Melancarkan atau memperbanyak asi bagi ibu yang sedang menyusui baby-nya sehingga baby bisa mendapatkan asi exklusif dari ibu.
  • Tumbuhan yang baik untuk kulit/ kecantikan tubuh.
  • Mengobati diabetes, magg, tifus, sakit cangkang, batuk berlendir, diare 
  • Dll
3.      Manfaat Kunyit untuk Kecantikan       
a.      Menghilangkan Jerawat          
            Membuat masker wajah dengan kunyit untuk membantu melawan jerawat dan mendapatkan cahaya muda. Ini masker wajah tradisional yang sering digunakan oleh pengantin sebelum hari pernikahan mereka. Ini mencerahkan warna kulit Anda dan membantu mengurangi noda yang tidak sedap dipandang.  
Tambahkan 2 sendok makan tepung dan 1 sendok makan susu organik hangat. Kemudian tambahkan dua tetes minyak zaitun atau kelapa dan sejumput kunyit. Blender untuk membuat pasta. Oleskan tipis-tipis pada wajah Anda dan biarkan selama 20 menit. Cara terbaik adalah untuk menerapkan masker sebelum mandi Anda sehingga Anda bisa bilas saat mandi.   
b.      Mencegah Keriput       
Membuat krim mata dengan kunyit dan menggunakannya setidaknya dua kali seminggu. Hal ini akan membantu untuk menghilangkan tidak hanya kerutan di sekitar mata Anda, tetapi juga lingkaran hitam. Tambahkan sedikit kunyit untuk 2 sendok makan mentega. Terapkan pasta di sekitar mata Anda dan biarkan selama 20 menit. Bilas dengan air dingin.
c.       Mengatasi Kulit Kering dan Berminyak       
Untuk kulit kering, menggabungkan 1 putih telur, 2 tetes minyak zaitun, jus lemon segar dan air mawar. Tambahkan sedikit kunyit dan aduk rata. Terapkan ke semua daerah kering termasuk wajah, leher, siku dan lutut. Biarkan sampai kering. Cuci dengan air hangat.        
Untuk kulit berminyak, tambahkan sejumput kunyit untuk 2 sendok makan bubuk kayu cendana. Campur dengan 2 sdm susu dan 2 tetes jus lemon. Oleskan ke wajah Anda dan biarkan kering. Bilas dengan air hangat.  
d.      Menghaluskan Tumit  
Untuk tumit yang retak, oleskan campuran 3 sendok makan kunyit dengan 3 tetes minyak kelapa. Campuran ini juga akan membantu mencegah infeksi jamur pada jari-jari kaki. 
e.       Kunyit untuk Pigmentasi        
Jika Anda menderita bekas jerawat atau jenis hiperpigmentasi, oleskan campuran kunyit dan jus lemon ke daerah yang terkena selama 20 menit. Untuk hasil terbaik gunakan rutin setiap hari.          

f.       Menghilangkan Ketombe        
Ketombe dan masalah kulit kepala lainnya dengan mudah diobati dengan kunyit dan minyak zaitun. Oleskan campuran ke kulit kepala Anda di kamar mandi. Biarkan selama 15 menit, lalu cuci bersih dengan shampoo alami.
Nama Lokal :
Turmeric (Inggris), Kurkuma (Belanda), Kunyit (Indonesia dan Malaysia), Kunir (Jawa), Koneng (Sunda), Konyet (Madura)

4.      Kreatifitas Pengolahan
kunyit memiliki banyak manfaat bagi mereka yang punya kreatifitas dalam mengolah nya contohnya sebagai berikut:
*      Memperlancar ASI      
Bahan: 1 rimpang kunyit ditumbuk sampai halus dan dibalurkan seputar payudara sekali setiap 2 hari terutama pada masa awal menyusui.
*      Haid tidak lancer       
rimpang kunyit, 1/2 sendok Teh ketumbar, 1/2 sendok Teh biji pala, 1/2 genggam daun srigading.  Semua bahan ditumbuk halus, direbus dgn 1 liter air sampai mendidih, saring dinginkan.  
Minum 1 gelas sehari.
*      Sakit Keputihan / Pek Tay     
2 rimpang kunyit, 1 genggam daun beluntas, 1 gagang buah asam, 1 potong gula aren.  Semua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian di saring.     
Minum 1 gelas sehari.
*      Perut mulas pada saat haid    
1 rimpang kunyit sebesar 4 cm, 1 rimpang jahe sebesar 4 cm, 2 rimpang kencur sebesar 4 cm.  Semua  bahan  dicuci bersih dan diparut, ambil airnya.  Tambahkan perasan jeruk nipis, diseduh dgn stengah gelas air panas, kemudian saring.
Tambahkan garam dan gula sesuai selera.  Minum pada hari pertama haid.
*      Diabetes mellitus        
3 rimpang kunyit + 1/2 sendok the garam direbus dgn 1 liter air sampai mendidih kemudian saring dan dinginkan.  Minum rebusan ini  stengah gelas 2x seminggu
*      Tifus
2 rimpang kunyit + 1 bonggol sere + 1 lembar daun sambiloto ditumbuk halus, tambahkan 1 gelas air hangat, aduk rata kemudian disaring.  Minuman ini diminum sekali sehari selama 1 minggu.
*      Berak lender   
1 rimpang kunyit, 1 potong gambir, 1/4  sendok makan kapur sirih direbus bersama 2 gelas air sampai mendidih dan tinggal 1 gelas.  Saring.  Minum pagi dan sore masing2 stengah gelas.
*      Usus buntu     
1 rimpang kunyit, 1 butir buah jeruk nipis, 1 potong gula kelapa/aren. Garam secukupnya.   Kunyit diparut dan jeruk nipis diperas, kemudian dicampur dengan bahan yang lain dan disedu dengan 1 gelas air panas, kemudian disaring.  Minum setiap pagi setelah makan.
*      Disentri
1-2 rimpang kunyit, gambir dan kapur sirih secukupnya.  Semua bahan  direbus dengan 2 gelas air sampai  tinggal 1 gelas kemudian disaring.  Diminum  sampai sembuh
*      Cangkrang (Waterproken)     
2 rimpang kunyit, 1 genggam daun eceng, ditumbuk sampai halus, kemudian oleskan dibagian yg sakit
*      Amandel
Bahan: 1 rimpang kunyit, 1 butir jeruk nipis, 2 sendok madu.  Kunyit diparut, jeruk diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan madu dan 1/2 gelas air hangat, diaduk.
sampai merata dan disaring.  Minum secara rutin 2 hari sekali
*      Morbili
1 rimpang kunyit dan 1 rimpang dringo bengle ditumbuk sampai halus dan oleskan kebagian yg sakit.
Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit,kunyit juga terdapat resiko dan efek samping di dalam kandungannya.
5.      Resiko dan Efek Samping Kunyit
Kunyit umumnya aman, namun terkadang dapat menyebabkan mual dan diare, terutama dalam dosis tinggi atau setelah penggunaan jangka panjang. Hal ini juga mungkin menimbulkan risiko ulkus dalam dosis tinggi. Sebagai pengobatan topikal, dapat menyebabkan iritasi kulit.
Wanita hamil sebaiknya tidak menggunakan suplemen kunyit. Bicaralah dengan dokter sebelum menggunakan suplemen kunyit secara teratur jika Anda memiliki kondisi medis, seperti kandung empedu atau penyakit ginjal, gangguan perdarahan, diabetes, atau masalah kekebalan. Karena kunyit berpotensi dapat meningkatkan perdarahan, berhenti minum setidaknya dua minggu sebelum operasi apapun.    
Jika Anda mengambil obat-obatan secara teratur, berbicara dengan dokter Anda sebelum Anda mulai menggunakan suplemen kunyit. Mereka bisa berinteraksi dengan obat-obatan seperti aspirin, obat penghilang rasa sakit NSAID, statin, obat diabetes, obat tekanan darah, dan pengencer darah. Mereka juga berkemungkinan dapat berinteraksi dengan suplemen yang menurunkan pembekuan, seperti ginkgo, ginseng, dan bawang putih. 
Mengingat kurangnya bukti tentang keselamatan, anak-anak dan perempuan yang sedang menyusui sebaiknya hanya menggunakan kunyit sesuai dengan saran dokter.



BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Kunyit merupakan salah satu tumbuhan yang banyak digunakan dalam masyarakat. Rimpang kunyit terutama digunakan untuk keperluan dapur (bumbu dan zat pewarna makanan), kosmetik hingga pengobatan tradisional. Dilihat dari maanfaatnya setelah dilakukan beberapa penelitian secara in vitro dan in vivo menunjukkan, kunyit memunyai aktivitas sebagai antiflamasi (antiperadangan), aktivitas terhadap peptic ulcer, antitoksik, antihiperlipidemia, dan aktivitas antikanker.
B.     Saran
Disarankan  bagi pembaca yang tengah mengidap penyakit atau pun yang ingin mencegah datangnya sumber penyakit hendaknya memilih obat-obatan yang alami atau tradisional , salah satu nya seperti tumbuhan kunyit ,karena obat-obatan tradisional tersebut  selain tidak menimbulkan resiko yang berat dan mudah di dapat juga biayanya terjang.








DAFTAR PUSTAKA

·         Darwis SN. 1991. Tumbuhan obat famili Zingiberaceae. Bogor : Puslitbang Tanaman Industri
·          Soedibyo, BRA Mooryati. 1998. Alam sumber kesehatan, manfaat dan kegunaan: kunyit. Cetakan 1. Jakarta : Balai Pustaka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar